LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
DI
SANNYA TEKNIK SOKARAJA
Jl Bima No.1 RT/RW 02/02 Sokaraja Kidul-Banyumas
TENTANG
MEMPERBAIKI KERUSAKAN KOMPRESOR
KULKAS SATU PINTU

Disusun oleh :
Nama Siswa : EKA YULIANTO
No.Induk : 2651
Kelas
: 11 TAV 2
Program
Keahlian : TEKNIK
AUDIO VIDEO
PEMERINTAH KABUPATEN BANYUMAS
DINAS PENDIDIKAN SMK NEGERI 2
BANYUMAS
Jl. Pramuka No. 42 Banyumas 53192
Telp (0281) 796
Tahun pelajaran 2015/2016
Laporan Praktik
Kerja Industri (PRAKERIN) yang disusun oleh EKA YULIANTO (XI TAV 2) dengan judul “MEMPERBAIKI KERUSAKAN PADA
KOMPRESOR KULKAS SATU PINTU “ ini telah diteliti dan disahkan oleh Pembimbing dan
Direktur SANNYA TEKNIK, pada :
Hari :
Tanggal :
Tempat : SANNYA TEKNIK
MENGESAHKAN
DIREKTUR
SANNYA TEKNIK
Sasi Utomo
Mengetahui
Kepala SMK N 2 Banyumas Guru Pembimbing
Drs.Suyanto Suratman,S.pd
NIP.19610309 108503
1 010 NIP.
Laporan Praktik
Kerja Industri (PRAKERIN) yang disusun oleh EKA YULIANTO(XI TAV 2) denganjudul
“MEMPERBAIKI KERUSAKAN PADA KOMPRESOR KULKAS SATU PINTU”ini telah diteliti dan disahkan
oleh Kepala Sekolah
dan Pembimbing, pada :
Hari :
Tanggal :
Tempat :
Mengetahui
Kepala SMK N
2 Banyumas Ketua
Program Keahlian
Drs.Suyanto
Wiharto,ST
NIP.19610309
108503 1 010 NIP.
197112092006041004

Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada saya,sehingga
saya mampu melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
tanpa suatu halangan apapun.
Dalam penyusunan laporan ini saya
mendapatkan bantuan yang sangat berharga dan bermanfaat bagi saya.Bantuan ini
berupa saran maupun bimbingan langsung.Baik dari bengkel prakerin maupun guru
pembimbing dari sekolah.Sehingga laporan ini dapat tersusun dengan baik,tepat
guna dan tepat waktu.
Dan tidak lupa mengucapkan terima
kasih kepada :
1.Bapak
Drs.Suyanto,selaku kapala sekolah SMKN 2 Banyumas.
2.Bapak
Suratman S,Pd,selaku pembimbing Praktek Kerja Industri.
3.Ibu
Dra. Murtiatmi Warnaningtyas,selaku Wali Kelas XI TAV 2.
4.
Bapak Sasi Utomo,selaku pembimbing bengkel “SANNYA TEKNIK”.
5.
Seluruh Bapak/Ibu Guru SMKN 2 BANYUMAS.
Walaupun belum sempurna.Kesalahan
serta kegagalan dalam susunan bahasanya,oleh karena itu saya sangat
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun kami kesempurnaan
penyusunan laporan prakerin ini.
Sekali
lagi saya bertrima kasih,kepada semua pihak yang telah ikut berperan dan kepada
Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan ridho-Nya.
Akhir
kata,selamat membaca.
Banyumas,26 Februari 2016
EKA
YULIANTO
DAFTAR ISI
BAB I
A.PENDAHULUAN
1.1.Sejarah berdirinya Sannya Teknik
Dengan rahmat tuhan yang maha Esa kami telah diberi kesempatan untuk mendirikan usaha dibidang jasa dan perdagangan. Semoga selalu terjaga,lancar bermanfaat bagi semua dan terpelihara sepanjang masa. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan waktu para rekan dan relasi semua selama proses pendirian dan pengembangannya.
SANNYA TEKNIK awal berdirinya pada Bulan September 2001 dijalan Jend suprapto No.57 Gili Miring,Sokaraja Timur pada akhir Juli Tahun 2004 pindah alamat di jalan Bima No.1 Rt 02 Rw 02 , Sokaraja Kidul-Banyumas. Kami mendirikan usaha ini dengan harapan usaha yang kami jalani selalu barokah/bertambahnya kebaikan bermanfaat bagi semua dengan jalan kerjasama. Berdasarkan respon dari para rekan dan relasi,kami berinisiatif untuk mengembangkan program kemitraan supaya lebih mantap,terarah dan terorganisasi demi kemajuan kita bersama.
A.PENDAHULUAN
1.1.Sejarah berdirinya Sannya Teknik
Dengan rahmat tuhan yang maha Esa kami telah diberi kesempatan untuk mendirikan usaha dibidang jasa dan perdagangan. Semoga selalu terjaga,lancar bermanfaat bagi semua dan terpelihara sepanjang masa. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan waktu para rekan dan relasi semua selama proses pendirian dan pengembangannya.
SANNYA TEKNIK awal berdirinya pada Bulan September 2001 dijalan Jend suprapto No.57 Gili Miring,Sokaraja Timur pada akhir Juli Tahun 2004 pindah alamat di jalan Bima No.1 Rt 02 Rw 02 , Sokaraja Kidul-Banyumas. Kami mendirikan usaha ini dengan harapan usaha yang kami jalani selalu barokah/bertambahnya kebaikan bermanfaat bagi semua dengan jalan kerjasama. Berdasarkan respon dari para rekan dan relasi,kami berinisiatif untuk mengembangkan program kemitraan supaya lebih mantap,terarah dan terorganisasi demi kemajuan kita bersama.
1.2. Tujuan
berdirinya DU/DI :
Memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang elektronika
Menindaklanjuti tujuan dari prakerin tentang membangkitkan jiwa wirausaha,hidup
mandiri dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain
Memberikan pengalaman kepada siswa untuk melakukan pekejaan nyata sesuai bidang
keahliannya
1.3. Sektor usaha
yang dikelola :
Dalam DU/DI yang kami tempati usaha yang dikelola adalah reparasi barang-barang
elektronika,contohnya(TV, VCD, DVD,Mesin Cuci,Kulkas,AC dan lain-lain). Selain
melakukan servis dibengkel Sannya Teknik sendiri menerima servis ditempat
konsumen.
B.PROSES
PRODUKSI/JASA
2.1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kami bekerja dibagi menjadi 2 shift. Shift pertama mulai bekerja jam 08.00 – 12.00, shift kedua shift siang mulai bekerja jam 12.00 – 16.00. Kami bekerja setiap hari kecuali jum’at dan minggu serta pada waktu hari libur. Alamat bengkel yang kami tempati prakerin di Jalan Bima no.1 Rt 02/02 Sokaraja Kidul-Banyumas
2.1. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kami bekerja dibagi menjadi 2 shift. Shift pertama mulai bekerja jam 08.00 – 12.00, shift kedua shift siang mulai bekerja jam 12.00 – 16.00. Kami bekerja setiap hari kecuali jum’at dan minggu serta pada waktu hari libur. Alamat bengkel yang kami tempati prakerin di Jalan Bima no.1 Rt 02/02 Sokaraja Kidul-Banyumas
MEMPERBAIKI
KERUSAKAN KOMPRESOR KULKAS SATU PINTU

A.PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
1.2
Cara menganalisis dan memperbaiki
kerusakan mesin pendingin (kulkas) “lemari es”, terlebih
dahulu kita harus mengetahui keadaan mesin pendingin yang bersangkutan. Setelah
mengetahui keadaa mesin pendingin itu, selanjutnya dilakukan pemeriksaan.
Pada umumnya gangguan pada kulkas dan freezer terjadi
disebabkan oleh kebocoran pada bagian pipa-pipanya, terlalu berlebihan dalam
pengisiannya gas freon, konsleting pada kumparan motornya, dan kekurangan dalam
pengisian gas freon, dan kebocoran kompresor, adapun kerusakan yang sering
terjadi pada kulkas satu pintu diantaranya:
1. Kulkas Mati
Total
Kulkas mati total adalah ketika semua komponen pada
kulkas mati dalam waktu yang bersama-sama, hal ini disebabkan oleh aliran
listrik yang tidak masuk pada komponen yang ada dalam kulkas.
2. Kulkas Tidak
Dingin
Kulkas tidak dingin dapat disebabkan oleh beberapa hal
seperti : terjadi kebocoran refrigran, kompresor mengalami kerusakan, listrik
tidak masuk ke kompresor, PTC rusak, overload rusak, buntu, pintu kulkas tidak
tertutup rapat.
3. Freezer Dingin
Tidak Merata
Freezer dingin tidak merata hal ini disebabkan oleh
aliran refrigran yang tidak lancar karena disebabkan oleh beberapa hal seperti:
tersumbatnya system refrigran, kompresor sudah tidak dapat bekerja
maksimal,kekurangan oli, refrigran berkurang, terhambatnya pembuangan panas
pada kondensor, evaporator kotor, suhu lingkungan yanf terlalu tinggi.
4. Freezer Dingin
Tidak Maksimal
Freezer dingin tidak maksimal biasanya ditandai dengan
es yang ada pada freezer mencair dan tidak bias membeku kembali hal ini
disebabkan oleh terlalu banyak beban yang ada dalam freezer, pada evaporator
terdapat oli/kotoran, pengatur suhu mengalami kerusakan, overload rusak.
5. Mesin Kulkas
Tidak Bekerja
Sedangkan saat socket ditancapkan pada stop kontak PLN
mesin kulkas tidak bekerja sama sekali ini menandakan adaya kerusakan pada
mesin kulkas. Motor tidak terdengar gerakannya, kompresor pun demikian ini.
Jika menjumpai kerusakan-kerusakan yang demikian ini, maka perlu diadakan
perkiraan atau dugaan untuk mengetahui penyebabnya. Umumnya, jika kulkas tidak
bekerja meskipun kabel sudah tersambung ke stop kontak mungkin disebabkan oleh
hal-hal berikut.
a. Starting pada kapasitorterbuka
b. Overload terbuka
c. Kontak pada relay terus terbuka
d. Ada kabel socket yang putus
e. Open sircuitnya pada strating wing tidak berkerja
sama sekali.
Inilah masalah - masalah yang sering muncul pada kasus
selama saya praktek.
1.2 Rumusan
Masalah
Dari sekian banyak masalah yang ada, maka muncul
pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran saya, diantaranya :
1. Bagaimana cara
memeriksa kerusakan pada lemari kulkas ?
2. Bagaimana cara
memperbaiki kompressor kulkas ?
3. Alat-alat apa
saja yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas?
1.3 Tujuan
Penulisan
1. Mengetahui
bagaimana cara memeriksa kerusakan pada lemari kulkas
2. Mengetahui
bagaimana cara memperbaiki kompressor kulkas
3. Mengetahui
alat-alat yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas
B.CARA MEMERIKSA KERUSAKAN LEMARI ES
2.1.Cara
Mengatasi Mesin Kulkas Tidak Bekerja
Apabila diduga ada kabel saluran menuju stop kontak
yang terputus maka langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.
a. Memeriksa
sambungan kabel dalam socket. Biasanya gangguan ada di daerah ini dengan
terputusnya kabel.
b. Memeriksa
seluruh permukaan kabel mulai dari jack sampai ke mesin pendingin.
c. Memeriksa
pula saluran yang menuju atau yang menempel pada dinamo. Mungkin pada
tap-tapnya terlepas.
Apabila diduga gangguan pada overload, biasanya
tegangan menjadi turun bahkan lenyap sama sekali. Hal-hal yang perlu dilakukan
antara lain.
a. Memeriksa
sumber tegangan.
b. Mengukur dengan
menggunakan multitester untuk mengetahui tegangan yang masuk apakah sesuai
dengan kebutuhan mesin pendingin.
c. Mencari
lokasi yang menyebabkan tegangan arus listrik menjadi menurun.
Kulkas tidak bekerja disebabkan pula karena starting
kapasitor terbuka. Untuk melihat ini perlu memeriksa kapasitornya. Jika
ternyata sudah aus, maka harus diganti dengan yang baru. Jika putus, cukup
disolder. Selain itu, mungkin relay kontak terus membuka sehingga arus listrik
tidak bisa mengalir. Ini dapat mengakibatkan dinamo tidak mendapatkan tenaga
dan tetap mati. Langkah-langkah yang perlu dilakukan saeperti berikut.
a. Memeriksa
kabel-kabel pada relay yang bersangkutan.
b. Memeriksa
plat-plat apakah masih berfungsi.
c. Memeriksa
sistem pengaturan, apakah normal.
Apabila mesin pendingin atau kulkas tidak jalan
mungkin juga sircuit pada startingnya mengalami gangguan, tindakan yang harus
dilakukan pemeriksaan bagian ini untuk memastikan dugaan. Jika memang terdapat
gangguan perlu dilakukan perbaikandengan cara pengaturan yang disesuikan dengan
petunjuk.
Gangguan lain pada mesin pendingin dapat berupa suara
berisik. Apabila dijumpai kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknya
jangan dibiarkan. Kalau dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan akan
mempengaruhi unit lainnyasehingga timbul kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa.
Kemungkinan-kemungkinan suara berisik pada mesin pendingin disebabkan oleh
hal-hal berikut.
• pipa yang berhimpitan dengan cabinet,
• sekrup atau baut yang kurang keras atau terlepas,
• kerusakan pada fan, dan
2.2.Cara
Memeriksa Kompressor Kulkas
Dalam sebuah sistem pendingin seperti AC, Kulkas,
Freezer, Chiller, Show case dll Kompresor adalah sebuah komponen vital yang berfungsi
mensirkulasi kan Gas Refrigerant. jika kompresor mengalami gangguan atau
mengalami kerusakan, pada umumnya pemilik enggan untuk mengganti komponen ini
dengan yang baru, dengan harga yang cukup tinggi dipasaran, harga kompressor
kulkas 1 pintu saja bisa dibandrol tidak terpaut jauh dengan harga beli kulkas
bekas yang masih layak pakai.
Ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa
diperbaiki dari alat ini seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan
kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk
kerusakan mekanis seperti piston, reed valve dll, sayang untuk kompresor ukuran
kecil tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa
menggantinya dari hasil copotan kompresor lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan
tadi kita harus membelah kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat
dan bersih.
Agar tidak ribet dan mesti merogoh kocek terlalu
dalam jika suatu hari kulkas anda mengalami hal yang tidak diharapkan, lebih
baik menyimak tips dari saya tentang cara memeriksa kondisi
"kesehatan" kompresor kulkas anda, siapa tahu bermanfaat.
1.
Mengecek gulungan elektro motor di
dalam kompresor bagian 1 Biarkan kulkas dalam keadaan on,siapkan peralatan
utama seperti Obeng, Tang, Multi tester dan jika ada clamp meter.
2.
Setting clamp meter (biasa disebut tang
ampere) pada posisi pengukuran ampere, selipkan kabel yang terhubung dengan
overload switch kedalam lingkar clamp meter dan perhatikan hasil pengukuran nya
harus lebih rendah atau sama dengan data spesifikasi yang tertulis dari pabrik
kulkas tadi, misalkan jika tertulis "current : 0,6amp" maka hasil
pengukuran harus sama atau sedikit lebih rendah tetapi jika melebihi silahkan
periksa tegangan listriknya dulu apakah sesuai kebutuhan (220v) atau tidak, jika
suara yang ditimbulkan kompressor lebih kasar pun bisa berakibat naiknya arus
ampere yang terukur.
3.
Setting multitester pada posisi
pengukuran arus AC,dengan pen pengukur multitester pertama dihubungkan kelantai
kemudian yang lainnya ke body kompresor (pastikan kebagian kompresor yang tidak
dicat misalkan baud ground di kompresor atau pipa tembaga nya, lihat apakah ada
tegangan yang terukur di multi tester hasil dari langkah tadi, jika tidak ada
berarti gulungan dalam keadaan baik Mengecek gulungan elektro motor di dalam
kompresor bagian 2.
4.
Matikan kulkas dengan mencabut steker dari
stop kontak bukalah penutup soket listrik kompresor yang berada biasanya di
sisi kiri atau kanan kompresor (lihat gambar) lepaskan relay dan overload dari
soket nya.
5.
Setting multi tester pada posisi pengukur
ohm. tempel kan pen multitester ke body kompresor dan yang lainnya hubungkan ke
3 buah soket yang terdapat pada kompresor satu persatu, jika tidak ada sama
sekali resistansi dari ketiga soket ini yang terukur berarti elektro motor
kompresor benar-benar dalam keadaan baik.
6.
Mengecek gulungan elektro motor di dalam
kompresor bagian 3 masih pada ke 3 Pin atau soket yang terdapat pada kompresor
dan multitester pada posisi ohm meter, ukurlah ketiga soket ini dengan cara
soket tempat overload tertancap menjadi soket utama atau misalkan soket C
(biasanya berada paling atas atau paling bawah / tidak berdampingan)
dihubungkan dengan soket S dan kemudian C lagi dengan R, dari hasil pengukuran
ini harus didapat resistansi antara 15 sampai 25 ohm untuk pengukuran dari C
(common) dengan R (running) dan 20 sampai 40 ohm untuk C (common) dengan S
(start), jika hasil pengukuran adalah 0 ohm bahkan lebih tinggi berarti
lilitan/gulungan elektro motor konslet/rusak atau terputus.
3.1 Cara Penggantian Kompressor
Kulkas
Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas
compressor/pk lemari es yang akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/typy
lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut.
Bila compressor yang akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan
membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal, perlu juga anda
ketahui pengisian Freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian Freon
pada ac split
Hal ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler
yang ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yang digunakan pada ac split dan ac
window, pipa kapiler yang berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan
aliran Freon jika ada kotoran yang terbawa pada saat Freon mengalir, ganti
strainer dan pipa kapiler dengan yang baru¸ semua ini dilakukan untuk
mengantikan compressor yang rusak dengan compressor yang baru.
Alat yang dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari
es adalah :
1. Alat – alat pengelasan
yaitu tabung LPG dan tabung Oksingen
2. Manifold
3. Freon 12 atau
Freon 134A tergantung pada data spesifikasi yang ada pada lemari es
4. Pentil pengisian
Freon
5. Perak/kawat las
tembaga
6. Pemotong pipa /
cutter
7. Flare-nut/flereng
8. Tools/kunci
perkakas
Compressor lemari es ada dua macam yaitu :
1. Compressor
piston
2. Compressor
rotary
Compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu
pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yang memakai
compressor jenis rotary. Dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis
pistonlah yang paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.
Saya pernah menggantikan compressor lemari es dengan
jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak asa
masalah(dalam keadaan dingin/normal). Pada hari keempat lemari es mengalami
kebuntuan aliran Freon pada pipa kapiler yang menyebabkan compressor rotary
mengalami kerusakan pada bagian klep compressor. Mau tidak mau saya harus
mengganti compressor yang rusak itu dengan compressoryang baru kembali, tapi
tidak saya ganti dengan type compressor yang sama, saya menggantinya dengan
compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karna
ruwang dudukan compressor rotary yang begitu sempi, karena compressor rotary
pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontaldalam penempatannya.
Compressor pistonpada lemari es,pipa keluarnya ada yang tiga buah
dan lima buah. Adapun pipa-pipa yang keluar tiga buah adalah:
§ satu pipa tekan/disgcharge.
§ satu pipa hisap/suction. Satu pipa
untuk pengisian Freon.
Pipa-pipa yang keluar lima buah adalah:
§ Satu pipa tekan/discharge
§ Satu pipa hisap/suction
§ Satu pipa untuk pengisian Freon.
§ Dua pipa untuk pendinginan oil compressor
yang terletak pada bagian bawah
compressor.
Sebelum kita melepaskan compressor yang rusak
yaitu dengan cara memanas kan sambungan pipa tekan dan sambungan
pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan. Sebelum anda melakukan pelepasan
pipa yang berada di bagian compressor, cabut kabel-kabel yang menuju ke
compressor dan pasikan Freon pada system pendingin/lemari es,sudah anda
buang!!!semuanya. yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran
1/8(panjang sekitar 10 cm) yang berada pada strainer atau membuangnya lewat
pentil pengisian Freon.
Setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yang baru, bila compressor yang anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yang menuju ke terminal compressor,jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabelyang menuju ke compressor. Saya sarankan sebelum melakukanpegelasan,coba dulu menjalankan compressor.sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat mengembalikanya kembali.
Bila compressor dapat beroprasi barulah anda melakukan
pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap.bila jalur pipa tekan terbuat dari
besi,swaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu
dengan pipa teka tembagayang keluar dari compressor.setelah pengelasan pipa
hisap dan pipa tekan sudah selesai,beralih pada pengelasan pentil pengisian
Freon.
sewaktu melakukan pengelasan pentil,buka pentil agar
seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas,setelah terpasangdan lap dengan
kain basah agar hawa panaspada pentil menghilang,setelah itu pasang
kembalipentil seal dan kencang kan.beralih ketahap pemasangan strainer,terserah
anda mau memakai strainer isi silica gel strainer kosong/tanpa isi silica
gel.strainer,lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yang 2 lubang dan 1
lubang (yang dua lubang satunya buat vakum,pasang kapiler 10cm dan ujungnya
biarkan terbuka dengan jelas.)
bila pipa kapiler yang berada pada lemari es anda
tidak dapat diganti/heat exchanger(pipa kapiler berada didalam jalur pipa
hisap/suction)dan pipa mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara
melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi
sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.
Pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa
suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut. Bila anda
ingin mengganti ppa kapiler bias lewat jalur pembuangan air atau membolongi
body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa
condenser. Jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari
es.
Setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah
dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai 300 bila anda
tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer, bila sudah
divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas bearti tidak ada kebocoran
pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yang baru saja and
alas. Tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran,
cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
Setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan
lemari es, bukakran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum
yang ada pada manifold dan isi Freon secara perlahan-lahan sampai jarum
menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. ( lakukan berulang-ulang jangan
langsung isi sampai 20 psi agarcompressor tidak cepat panas ) chek juga ampere
compressor dengan clamp meter/tang ampere
Liat sudah berapa tekanan Freon yang sudah kita isi,
sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran Freon dievaporator. Bila ada
berarti aliran Freon berjalan lancer, isi kembali sampai evaporator rata
dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu) untuk lemari es dua pintu kita
bias melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah
mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.
Untuk pengisian Freon lemari es tidak dapat dilakukan
secara cepat dan mudah seperti mengisi Freon pada ac split dan dibutuhkan
kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran Freon
mengalami kebuntuan. Untuk mengetahui lemari es yang mengalami kebuntuan,
sewaktu kita melakukan pengisian Freon dan manifold sudah menunjukan tekana 10
psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas
melebihi dari 10 psi, bila jarum dapat naik keatas berarti aliran Freon pada
system berjalan lancar.
Jenis kerusakan lainnya sering kita jumpai adanya gangguan
pada kompresor, yaitu tidak bisa distart dan seringkali terdengar suara
mendengung. Kerusakan ini mungkin disebabkan oleh perawatan dan pemakaian yang
salah, penurunan arustegangan listrik yang masuk ke mesin motor (dinamo),
kapasitor starting yang terbuka, relay kontak yang terus terbuka, open sircuit
pada starting winding, dan kumparan (spoel) korsleting dengan body, tekanan
kompresor yang baik melebihi batas, kompresor yang macet, dan kerusakan pada
kapasitor starting. Untuk mengatasi kerusakan ini antara lain perlu dilakukan
pemeriksaanyang telititerhadap sistim kelistrikan dan alat-alat yang berkaitan
tersebut.
3.2 Alat-alat
yang harus dipersiapkan untuk mengganti Kompressor kulkas
Pertama – tama siapkan peralatan untuk membelah mein
compressor kulkas
1.
Obeng
2. Bermacam-macam Tang
3. Gergaji Besi
4. Compressor yang mau dibelah/ dioperasi
5. Alat – alat pengelasan yaitu tabung LPG dan
tabung Oksingen
6. Manifold
7. Freon 12 atau
Freon 134A tergantung pada data spesifikasi yang ada pada lemari es
8. Pentil pengisian
Freon
9. Perak/kawat las
tembaga
10. Pemotong pipa /
cutter
11. Flare-nut/flereng
12. Tools/kunci
perkakas
Gangguan pada mesin pendingin dapat berupa suara
berisik. Apabila dijumpai kulkas yang menimbulkan suara berisik hendaknya janga
dibiarkan. Kalau dibiarkan berlarut-larut akan mempengaruhi unit lainnya
sehingga timbul kerusakan baru. Sebaiknya diperiksa, kemungkinan-kemungkinan
suara berisik pada mesin pendingin disebabkan oleh hal-hal berikut: pipa yang
berhimpitan dengan cabinet, sekrup atau baut yang kurang keras atau terlepas,
kerusakan pada fan dan kerusakan pada compressor.
Ada beberapa jenis kerusakan yang masih bisa
diperbaiki dari kompressor seperti kerusakan gulungan elektro motor nya dan
kerusakan mekanis, kerusakan gulungan tentu bisa digulung ulang sedangkan untuk
kerusakan mekanis seperti piston, reed valve, sayang untuk kompresor ukuran kecil
tidak ada spare part baru yang dijual, sehingga kita hanya bisa menggantinya
dari hasil copotan kompresor
lain, untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tadi kita
harus membelah kompresor tersebut dan harus dilakukan secara cermat dan bersih
Alat yang dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari
es adalah :
Alat – alat pengelasan yaitu tabung LPG dan tabung
Oksingen, Manifold, Freon 12 atau Freon 134A tergantung pada data spesifikasi
yang ada pada lemari es, pentil pengisian Freon, perak/kawat las tembaga, pemotong
pipa / cutter, obeng, tang, dan gergaji besi.
Bila R 1X tidak berjalan,Lalu naikan ke R 10X.
Melihat Multitester apakah bergerak atau tidak.
...............Penggantian optik menurut model optiknya
Setelah dicek,optiknya rusak dan kemudian menggantinya dengan optik model yang sama
Melihat Multitester apakah bergerak atau tidak.
...............Penggantian optik menurut model optiknya
Setelah dicek,optiknya rusak dan kemudian menggantinya dengan optik model yang sama
3.1 . Faktor Pendukung dan Penghambatan Proses Produksi
atau Jasa
*Faktor
Pendukung
1.Pemilik bengkel ramah
2.Masyarakat mempercayai kualitas kerja bengkel
3.Tersedianya fasilitas peralatan dan barang yang di
service
4.Bimbingan dari pemilik bengkel yangmendukung
*Faktor
Penghambat
Sering ditinggal pergi oleh pemilik bengkel
3.2. Manfaat Yang
Dirasakan
Dalam
kesempatan ini kami mendapatkan manfaat yang besar seperti:
1.Dapat menganalisa kerusakan dan memperbaikinya
2.Menambah pengalaman dalam dunia kerja
3.Meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap suatu
pekerjaan
BAB.IV PENUTUP
4.1.KESIMPULAN
Setelah
kami melaksanakan prakerin di bengkel “SANNYA TEKNIK” penyusun dapat menarik
kesimpulan sebagai berikut :
Dengan
melaksanakan prakerin,kami dapat menambah wawasan tentang dunia kerja dan
melatih ketrampilan serta kedisiplinan dalam menjalankan tugas sehingga menjadi
mantap dalam menghadapi masa depan.Pengetahuan yang semakin luas di dapatkan
secara mudah dan sempurna,dapat mengambil keputusan dalam memperbaiki alat
secara mandiri.
4.2.SARAN-SARAN
v Saran untuk Sekolah :
1.Meningkatkan kualitas pendidikan
sehingga menghasilkan lulusan siap kerja.
2.Melengkapi sarana dan prasarana
sekolah.
3.Dalam kunjungan industri guru
pembimbing harus relawan dengan dunia
industri yang di kunjungi.
4.Praktek di sekolah lebih di perbanyak.
5.Menyediakan alat-alat praktek yang lebih maju lagi.
6.Pihak sekolah harusnya ada pendekatan
dengan pihak dunia industry untuk
Memudahkan siswa yang akan melaksanakan prakerin.
8.Pihak sekolah mengutamakan penempatan
siswa untuk prakerin di dunia
industri.
v Saran untuk Bengkel :
1.Menambah peralatan-peralatan yang
lebih canggih.
2.Pembimbing dalam pengawasan,lebih di
tingkatkan terhadap siswa prakerin.
3.Meningkatkan kedisiplinan kerja yang
lebih baik.
4.Lebih mengutamakan keselamatan kerja.
5.Ruang kerja di perluas.
6.Lebih mengenal kebutuhan siswanya.
Penutup

Asalamu’alaikum
Wr.Wb
Berkat
rahmat Allah Swt yang telah melimpahkan karunia-Nya kepada saya(penulis)
sehingga dapat menyusun laporan prakerin dengan baik.Semoga apa yang telah tertuang
di dalam laporan bisa bermanfaat bagi segenap pembaca,sebagai acuan untuk menambah
wawasan dan juga sebagai bahan pembanding untuk mata pelajaran di dalam kelas
yang telah diajarkan oleh Bapak ataupun Ibu Guru.
Akhir kata sebagai penutup,saya(penulis)
mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyusun
laporan ini.Dari saya(penulis) memohon dengan sangat,semoga dari pihak sekolah telah
memantapkan siswa-siswinya untuk terjun kejenjang ini.Serta pihak bengkel semoga
bengkel yang di kelola semakin maju dan berkembang untuk saling menerima pelayanan.Untuk
itu mari kita bersama-sama berdoa semoga Allah swt selalu mengaruniani dan memberkati
serta member petunjuk terhadap langkah-langkah kita. Sekali lagi,dalam penyusunan
laporan ini masih banyak kekurangan dan kesempurnaan.Oleh karena itu,saya(penulis)
mengharapkan saran dan kritiknya sebagai pedoman untuk menyempurnakan laporan ini.Saran
dan kritik diharapkan adalah sebuah bahan untuk lebih maju dan berarti.
Akhir
kata semoga bermanfaat,AminYaRobbal’Alamin.
Wasalamu’alaikum
Wr.Wb.
Post a Comment